Torch Adalah Salah Satu Masalah Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil

Torch Adalah Salah Satu Masalah Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil – Kutipan yang diambil dari pernyataan bidan, bahwa Torch merupakan istilah dimana menggambarkan tentang beberapa gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Torch tidak diperbolehkan untuk disepelekan karena sangat berbahaya bagi ibu hamil termasuk janin yang sedang dikandungnya.

Bagi kaum hawa Torch sangat menakutkan yang akan menyebabkan gangguan kehamilan sekaligus kandungannya. Dari gangguan yang ditimbulkan biasanya sering terjadi keguguran, karena janin tidak dapat berkembang, bahkan memicu janin meninggal baik di dalam kandungan dan di luar kandungan. Jadi, anda harus waspada saat hamil. Di bawah ini akan dijelaskan masalah Torch yang akan dikupas hingga habis. Berikut ulasanny.


Torch Adalah Salah Satu Masalah Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil

  • Pengertian dan Bahaya Torch
Torch merupakan infeksi yang timbul untuk memicu turunnya kesuburan atau merusak dari fertilitas seorang wanita. Rusaknya fertilitas pada sel telur yang disebabkan oleh virus Torch, dengan begitu akan menimbulkan masalah besar yaitu tidak dapat dibuahi oleh sperma. Disamping itu terjadinya penyumbatan akibat terbentuknya mioba, dengan bisa ditebak wanita akan sulit hamil. Pada kenyataanya infeksi Torch yang terjadi saat hamil memang berbahaya untuk janin. Infeksi Torch termasuk gejala klinis yang sangat sulit dibedakan dengan penyakit lain. Hal ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan tidak spesifik. Dengan demikian, dokter akan terasa sulit untuk mendeteksi apakah Torch atau bukan.

  • Toxoplasama
Infeksi Toxoplasma dikarenakan akibat parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Infeksi Toxoplasma dapat timbul tanpa disertai gejala yang spesifik. Toxoplasma yang disertai gejala ringan, sama halnya dengan gejala influenza. Selain itu dapat muncul akibat rasa lelah, malaise, demam, serta tidak akan memicu masalah besar. Toxoplasma berbahaya ini dapat terjadi pada ibu hamil atau orang yang sistem kekebalan tubuhya terganggu.

  • Rubella
Infeksi Rubella seperti ruam pada kulit, demam akut serta kelenjar getah bening membesar. Biasanya dapat menyerang anak-anak dan dewasa. Pada wanita hamil muda infeksi Rubella sangat berbahaya, karena bisa memicu kelainan pada bayinya. Gejalanya sangat bermacam-macam pada setiap orang, biasanya pula beberapa penderita tidak bisa dikenali atau ditemukaan, terutama apabila ruam merah tidak tampak secara jelas.

  • Cytomegalovirus (CMV)
Infeksi CMV diakibatkan oleh adanya virus Cytomegalo yang temasuk dalam golongan virus Herpes. Karena itulah, virus CMV mampu menempati secara laten dalam tubuh. Virus ini sangat berbahaya pada janin, saat ibu sedang proses kehamilan. Apabila ibu teinfeksi maka janin akan beresiko untuk tertular, dan gangguann yag akan terjadi seperti kuning, ketulian, kapuran otak dan lain sebagainya.

  • Herpes Simpleks Tipe II
Infeksi herpes pada alat genital atau kelamin dikarenakan adanya Virus Herpes Simpleks tipe II (HSV II). Sama halnya degan CMV, virus ini bisa terletak dalam bentuk laten, yang merambat melewati serabut saraf sensorik yang berdiam di ganglion sistem saraf otonom. Jika ibu terinfeksi HSV II, maka bayi yang dilahirkan akan terlihat lepuh pada kulit, akan tetapi hal ini tidak selalu ada sehingga kemungkinan tidak diketahui.
Ketika mengerti akan bahaya yang terjadi pada Torch, maka anda harus melakukan pencegahan seperti, selalu melakukan pemeriksaan sebelum kehamilan dan periksa kandungannya secara teratur, kemudian dibarengi dengan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan matang.

0 Response to "Torch Adalah Salah Satu Masalah Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil"